Rabu, 07 Mei 2014

Sejauh Mana Pengaruh Terhadap Teknologi komunikasi Terhadap kebudayaan di Indonesia ??!!

Sejauh Mana Pengaruh Terhadap
Teknologi komunikasi
Terhadap kebudayaan di Indonesia ??!!
Adanya unsur budaya asing yang masuk akibat globalisasin terhadap kebudayaan indonesia. Dan tidak dapat kita pungkiri perubahan teknologi komunikasi ini memiliki beberapa dampak terhadap kehidupan masyarakat, dilihat dari sudut pandang budaya, Saat inibangsa indonesia tengah berada dalam masa transisi, apa tuh ? yaitu dari masyarakat agraris menuju masyarakat industri . nah sejalan dengan itu nilai sosial budaya yang belum sesuai dengan nilai budaya bangsa indonesia juga dapat ikut terserap .
Nilai nilai tersebut dapat berupa sifat,pandangan, dan juga gaya hidup, yaitu egois, materialisme.  menrut saya ada dampak negatif dan positif nya. Dampak positif nya dari perkembangan teknologi ini adalah dengan mudahnya penyebaran informasi dalam waktu yang sangat singkat, misalnya saja kebiasaan jam karet yang biasa digunakan warga indonesia, dengan adanya perkembangan kemajuan teknologi di dunia, kita bisa mempelajari apa yang suh diciptakan. Perkembangan teknologi komunikasi kini sudah semakin pesat, dan komunikasi kini sudah semakin cepat dan semakin pesat, dan kemajuan teknologi sudah semakin maju dan berkembang di seluruh dunia. Dan secara tidak sadar kemajuan teknologi sudah membuat sebagian remaja menggila dengan adanya kemajuan teknologi dan sudah merubah pola pikir manusia saat ini. Dan remaja yang sekarang bisa dibilang sanagt Tergantung dengan yang namanya teknologi komunikasi, seperti jejaring sosial Twitter, facebook, kaskus dan situs – situs lainnya, gadget yang semakin membludak, seperti BB, smartphone, Laptop. Dan semua ini bisa Yang jauh mendekat dan mendekat merapat ! dan seperti buku yang saya baca adalah Republik twitter adalah generasi ini adalah generasi yang menunduk. ! tapi saya ngga tau maksud dari katya itu ! Dan remaja yang sekarang bisa dibilang sanagt Tergantung dengan yang namanya teknologi komunikasi, seperti jejaring sosial Twitter, facebook, kaskus dan situs – situs lainnya, gadget yang semakin membludak, seperti BB, smartphone, Laptop. Dan semua ini bisa Yang jauh mendekat dan mendekat merapat ! dan seperti buku yang saya baca adalah Republik twitter adalah generasi ini adalah generasi yang menunduk. !!!
Sekarang manusia dengan teknologi sudah saling melengkapi, dengan adanya teknologi yang semakin banyak dibutuhkan oleh manusia saat ini, manusia tampa teknologi mungkin mati, begitu juga teknologi tanpa manusia pun tak akan berkembang seperti saat ini . manusia yang merubah pola pola perilaku, bahasa, norma, tampilan, organisasi, religi dan semua yang bisa berubah dalam sekejap karna kemajuan teknologi ini !
Kebudayaan barat saat ini sudah melekat di kebudayaan timur yand dimana kebudayaan timur di domisili dengan kesopan santunan dan bertat krama terhadap sesema. Beda pada kebudayaan barat yang di bebaskan dari segala hal, contoh seperti hamil dimana – mana, bernampilan seadanya tanpa memperdulikan aurat nya, dan contoh c-ontoh yang tak pantas untuk di tiru, tapi malah kebudayaan seperti itu sudah banyak ditiru oleh bangsa kita, olehramaja kita. Remaja yang mungkin sangat ketergantungan terhadap teknologi seperti akun sosial, contoh : Facebook twitter, kaskusser, blog, whatshap, line, whechat, dan yang mungkinsekarang dikenal adalah Blackberry Messengger. Dan itu semua bisa merubah sifat mereka dalam sekejap yang lupa akan semua kepentingan nya.
Mungkin disini peran pemerintah sangatlah penting. Sebagai lembaga yang dapat membuat peraturan yang bertujuan untuk kebaikan warga nya. Dan selain itu peran orang tua sangatlah pentingh bagi anak – anak dan para remaja untuk menanamkan nilai kode etik, norma – norma, dan sopan santun terhadap sesama. Agar pemanfaatan teknologi tiadak disalah gunakan dan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh kita para pengguna.

By : Febry yanto Ramadhon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar